Jangan Malas! Ini Beberapa Manfaat Jalan-jalan di Sore Hari untuk Kesehatan

Kesehatan —Minggu, 21 Feb 2021 17:32
    Bagikan:  
Jangan Malas! Ini Beberapa Manfaat Jalan-jalan di Sore Hari untuk Kesehatan
Meski termasuk olahraga yang mudah dan murah, ternyata dengan rajin jalan kaki, kita aakn mendapat banyak manfaat jika rutin melakukannya (Foto: unsplash.com)

POSKOTA JABAR, BANDUNG

Jika Anda malas untuk melakukan olahraga yang berat, maka jalan kaki pada pagi dan sore hari adalah solusi terbaiknya. Jalan kaki memang tergolong olahraga yang mudah dan bisa dilakukan di mana saja. Selain itu, jalan kaki juga termasuk kedalam olahraga yang ekonomis, sebab tidak memerlukan biaya atau alat berlebihan untuk melakukannya.

Meski termasuk olahraga yang mudah dan murah, ternyata dengan rajin jalan kaki, kita aakn mendapat banyak manfaat jika rutin melakukannya. Olahraga jalan kaki tak hanya baik dilakukan pada pagi hari, namun sore hari pun kita bisa melakukan olahrag ringan ini. Dan berikut ini Poskota Jabar akan merangkum beberapa manfaat jika kita rajin dan rutin berjalan kaki, minimal 10-30 menit sehari.

Relaksasi Pikiran dan Tubuh

Setelah menjalani kesibukan seharian, jalan kaki ringan di sore hari bisa membantu tubuh dan pikiran menjadi lebih santai. Pikiran yang sudah penat dengan beragam rutinitas harian yang tak jarang membuat tubuh juga menjadi Lelah, akan berubah menjadi lebih segar seteah Anda melakukan jalan sore.

BACA JUGA: Sering Begadang Tidak Baik Terhadap Kesehatan Tubuh, Waspadai 5 Dampak Buruknya Berikut ini

Mengurangi Stress

Berjalan setidaknya 10 menit sehari dapat membantu menenangkan pikiran, sekaligus mengusir pikiran negatif dan stres dari kepala Anda. Ini akan membuat Anda bisa berpikir jernih untuk aktivitas esok hari. Menurut Anxiety and Depression Association of America, berjalan kaki selama 10 menit mungkin sama efektifnya dengan olahraga 45 menit dalam hal menurunkan kekhawatiran dan depresi. Lalu, dengan bergerak, kadar kortisol (hormon stres) bisa menurun. Berbagai kekhawatiran di pikiran pun dapat mereda.

Membuat Tidur Jadi Lebih Nyenyak

Tidur yang berkualitas sangat diperlukan untuk memulihkan tenaga menghadapi kesibukan esok hari. Jalan sore bisa membantu kualitas tidur Anda, karena ketika jalan sore, tubuh rileks, pikiran bebas stres. Rutin jalan kaki setiap hari bisa meningkatkan kualitas tidur Anda. Penelitian menunjukan, bila konsisten berjalan kaki setiap hari setidaknya 10.000 langkah, jam tidur dan kualitas tidur akan lebih baik. Selain itu, peneliti dari Universitas South Australia mengemukakan adanya hubungan dua arah. Bila istirahatnya berkualitas, seseorang akan cenderung lebih aktif secara fisik. Kalau sudah aktif secara fisik, akan cenderung merasa capek dan tidur pun lebih nyenyak.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Dengan berjalan kaki, Anda dapat menurunkan berat badan dan risiko obesitas. Berjalan kaki yang kurang dari 5.000 langkah setiap harinya menandakan gaya hidup sedenter. Sedangkan, dengan berjalan kaki lebih dari 10.000 langkah, dapat meningkatkan pembakaran lemak yang akhirnya bisa menurunkan berat badan. Diperkirakan, dengan berjalan kaki setidaknya 10.000 langkah, Anda bisa menurunkan berat badan hingga 2 kg.

BACA JUGA: 80 Ribu Tenaga Kesehatan di Jawa Barat Sudah Divaksin

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung secara keseluruhan juga ikut terpengaruh bila konsisten jalan kaki. Berjalan kaki dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular hingga 31 persen, bahkan mengurangi risiko kematian sebesar 32 persen.

Manfaat ini sungguh baik, bahkan bila Anda sekadar berjalan santai dengan kecepatan sekitar 3,2 km per jam. Orang-orang yang berjalan lebih jauh, berjalan dengan kecepatan lebih cepat, atau keduanya, menikmati perlindungan terhadap sakit jantung yang lebih besar.

Selian itu berjalan kurang lebih selama 30 menit pada sore hari, adalah salah satu solusi mudah untuk mengisi aktifitas setelah makan berat. Hal ini dilakukan untuk memperlancar kerja sistem pencernaan Anda. Selain itu, manfaat lainnya ialah berjalan kaki setelah makan membantu menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil dan tidak memberikan lonjakan yang membahayakan untuk tubuh. (ES)

BACA JUGA: Jangan Malas! Ini Beberapa Manfaat Jalan-jalan di Sore Hari untuk Kesehatan 

 

 

 

 

 

Editor: Edi
    Bagikan: