Cara Mengatasi dan Merawat Motor yang Terendam Banjir, untuk Tehindar dari Kerusakan

Gaya Hidup —Minggu, 21 Feb 2021 20:08
    Bagikan:  
Cara Mengatasi dan Merawat Motor yang Terendam Banjir, untuk Tehindar dari Kerusakan
Ilustrasi-otomoto

POSKOTAJABAR, BANDUNG


Intensitas hujan yang terlalu sering  di  sebagian besar wilayah Indonesia dan banjir pun terjadi di mana-mana. Hal ini tentu berdampak pada perjalanan Anda terutama bagi pengguna kendaraan roda dua seperti sepeda motor.

 Intensitas hujan yang tinggi dan berlangsung lama tidak hanya berisiko untuk menyebabkan badan menjadi rentan untuk sakit, , tetapi juga berisiko untuk menyebabkan gangguan pada sepeda  motor.

Karena adanya genangan air atau banjir. Motor yang dipaksa menerjang kubangan air atau hujan-hujanan sering mengalami masalah, dan akhirnya mogok. Serta menimbulkan kerusakan pada beberapa komponen motor serti busi, kabel dan filter pada motor.

Baca Juga : Nissa Sabyan dan Ayus Sabyan Akui Saling Mencintai, Hingga Tak Mau Terpisahkan

Berikut ini tips bagi Anda bagaiaman mengatasi sepeda motor yang terendam banjir dan agar kendaraaan roda dua anda tidak ada masalah saat musim hujan.Dalam situasi hujan sepeda  motor Anda bisa saja mogok seketika apalagi bila kita a mencoba-coba untuk menerjang banjir. Untuk menghindari motor mogok di musim hujan, simak tips berikut ini 

  • Pastikan Air Tidak Merendam Filter Udara

Filter udara pada motor berfungsi menyaring kotoran agar tidak masuk ke mesin. Apabila terendam banjir, filter udara ini bisa rusak dan bisa mengakibatkan motor mogok. Jadi jika ketinggian air melebihi filter, carilah jalan alternatif lainnya. Dan pastikan usai melintasi banjir, ada baiknya segera mengganti filter udara.

  • Perhatikan Kondisi Busi

Busi bermasalah bisa mengakibatkan motor mogok. Perhatikan kondisi busi usai melintasi hujan. Pastikan bagian dalam kop busi dalam kondisi kering. Lapisi busi dengan grease untuk mencegah air masuk ke pengapian.

BACA JUGA :Sinopsis Drama Korea Vincenzo Episode 1, Kedatangan Vincenzo ke Korea Selatan dari Itali

  • Cek Kabel Kelistrikan Hingga Karburator

Untuk menghindari mogok, cek kabel dan kelistrikan hingga karburator dan pastikan dalam keadaan yang baik. Jika sempat terendam air banjir, segera bersihkan karburator dari sisa air dan bawa ke bengkel untuk bisa dilakukan pengecekan.

Itulah beberapa tips untuk merawat motor anda setelah terendam air akibat banjir, selain itu jika anda melewati banjir yang terllau besar mengahalangi perjalanan anda usahakan untuk melewati jalan lain.

BACA JUGA: Cara Mengatasi dan Merawat Motor yang Terendam Banjir, untuk Tehindar dari Kerusakan

Editor: Resti
    Bagikan:  


Berita Terkait