Tak Hanya Membuat Badan Segar, Ini Beberapa Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Kesehatan Tubuh

Kesehatan —Senin, 22 Feb 2021 10:49
    Bagikan:  
Tak Hanya Membuat Badan Segar, Ini Beberapa Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Kesehatan Tubuh
Faktanya mandi air dingin bisa memberikan manfaat bagi tubuh (Foto: unsplash.com)

POSKOTA JABAR, BANDUNG

Sudah hal yang lumrah jika setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda. Termasuk dalam kebiasaan mandi, ada yang terbiasa menggunakan air dingin dan ada yang biasa menggunkan air hangat.

Meski mandi menggunakan air hangat bisa memberikan efek lebih nyaman daripada mandi air dingin. Faktanya mandi air dingin bisa memberikan manfaat bagi tubuh. Terlebih, mandi air dingin bisa menjadi cara yang sehat untuk Anda memulai hari.

Dan tidak hanya itu, mandi air dingin juga memiliki beragam manfaat kesehatan yang mungkin belum pernah Anda sadari sebelumnya. Dan kali ini Poskota Jabar akan merangkum beberapa manfaat mandi air dingin bagi tubuh.

BACA JUGA: Jangan Malas! Ini Beberapa Manfaat Jalan-jalan di Sore Hari untuk Kesehatan

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa orang-orang yang sering mandi dengan air dingin lebih kecil kemungkinannya untuk sakit. Meskipun mereka yang mandi air dingin cenderung tidak mudah sakit. Para peneliti menyimpulkan bahwa mandi air dingin mungkin membuat penyakit seseorang menjadi tidak parah, sehingga memungkinkan untuk melanjutkan kegiatan sehari-hari. Kesimpulannya bahwa dengan mandi dengan air dingin dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Salah satu cara alami untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut adalah dengan mandi air dingin. Manfaat mandi air dingin ini dipercaya bisa mengencangkan kutikula rambut dan kulit lewat pengerutan pembuluh darah sementara–selagi tubuh bereaksi terhadap perubahan suhu.

Ketika kutikula dan pori kulit mengencang, hal itu akan mencegah kotoran dan elemen berbahaya lainnya menyumbat pori-pori kulit dan kulit kepala. Selain itu, manfaat mandi air dingin juga bisa membuat rambut tampak lebih kuat, bersinar, dan meningkatkan kemampuannya untuk menggenggam kulit kepala.

BACA JUGA: 8 Kebiasaan Buruk Sebelum Tidur yang Harus Dihindari

Membantu mengurangi rasa sedih

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, Mandi air dingin juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Mandi air dingin disebut bisa meringankan rasa sedih yang dialami seseorang. Studi dari Departemen Onkologi Radiasi di Fakultas Kedokteran Virginia Commonwealth University menunjukkan bahwa mandi air dingin sebentar dapat membantu merangsang titik biru otak Anda. 'Bintik biru' ini adalah sumber utama noradrenalin, yang merupakan senyawa kimia yang membantu mengurangi depresi.

Menurunkan berat badan

Mandi air dingin juga dapat membantu program penurunan berat badan Anda, dengan cara yang tak terduga. Tubuh manusia mengandung dua jenis lemak, lemak putih dan lemak coklat. Lemak putih adalah penumpukan lemak di pinggang, perut, dan leher yang terjadi ketika kita mengonsumsi lebih banyak kalori diluar batas yag tubuh kita perlukan, dan kita tidak membakar lemak putih untuk energi. Sementara lemak coklat adalah lemak baik yang kita gunakan untuk menghasilkan panas demi menjaga tubuh kita hangat, dan dibakar ketika kita terkena dingin yang ekstrim.

Jadi, mandi dengan air dingin dapat membakar lemak coklat. Sebuah studi tahun 2009 menemukan bahwa paparan suhu dingin ekstrim dilaporkan membakar lemak coklat pada tubuh dengan peningkatan 15 kali lipat, yang berarti Anda bisa kehilangan hingga 5 kilogram dalam setahun jika terus rajin mandi pagi dengan air dingin.

BACA JUGA: Ramalan Zodiak Keuangan Hari Senin 22 Februari 2021, Sagitarius Peluang Tambahan, Leo Untung Banyak

Meringankan stres

Membiarkan tubuh diguyur air dingin tanpa basa-basi dapat membantu mempromosikan peningkatan toleransi tubuh terhadap stres, secara fisik dan mental. Ada juga peningkatan gluthathione, antioksidan yang membuat semua antioksidan lainnya berada di tingkat optimal. Setelah mengamati 10 orang bertubuh sehat yang berenang secara teratur dalam air dingin selama musim dingin, peneliti melaporkan adanya penyesuaian tubuh terhadap stres oksidatif yang berulang — menunjukkan ketahanan tubuh yang meningkat terhadap serangan sumber stres.

Itu lah beberapa manfaat yang bisa kita rasakan ketika rutin mandi dengan air dingin. Tapi tak selamanya mandi dengan air dingin itu bermanfaat. Mandi air dingin tidak dianjurkan untuk semua orang. Sensasi kejutan yang kita rasakan dari air dingin walau bermanfaat, tapi di sisi lain malah dapat menyebabkan efek yang sebaliknya pada orang yang sakit atau orang dengan kondisi rentan — misalnya lansia, atau orang yang memiliki kondisi jantung yang kurang optimal. (ES)

BACA JUGA: Tak Hanya Membuat Badan Segar, Ini Beberapa Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Kesehatan Tubuh

Editor: Edi
    Bagikan:  


Berita Terkait