Gempa Magnitudo 4,6 di Kabupaten Sukabumi Terasa Hingga ke Daerah Banten Selatan

Jawa Barat —Senin, 22 Feb 2021 12:21
    Bagikan:  
Gempa Magnitudo 4,6 di Kabupaten Sukabumi Terasa Hingga ke Daerah Banten Selatan
Gempa Magnitudo 4,6 di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat terasa ke beberapa daerah di Banten Selatan. (BMKG)

POSKOTAJABAR, RANGKASBITUNG. 

Badan Metereologi Mitigasi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberitahukan bahwa telah terjadi gempa magnitudo 4,6 pada hari Minggu, (21/02/2021) sekira pukul 21.56 WIB. Lokasi: 7.64 LS - 106.56 BT (72 Kilometer Selatan, yang berpusat di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.  Tidak berpotensi tsunami, namun dirasakan di beberapa wilayah Provinsi Banten, terutama yang berbatasan dengan Kabupaten Sukabumi.

Gempa yang memiliki kedalaman 28 Kilometer itu, ternyata juga dirasakan oleh warga yang berada di wilayah Lebak bagian selatan seperti Kecamatan Bayah, Panggarangan, Cikotok, dan Cihara. Warga setempat hanya merasakan ada gempa melalui getaran atau goyangan yang biasa-biasa saja.

"Semalam gempa bumi terasa kuat di Panggarangan. Sampai membuat kaget, karena tadi lagi ngobrol tiba - tiba bumi terasa bergoyang. Guncangan memang tidak seberapa dan tidak lama. Tapi, lumayan kaget dan takut terjadi apa-apa," kata Resti, warga Panggarangan kepada awak media, Senin (22/02/2021). 

BACA JUGA:  Ketua Umum IMI Pusat Bambang Soesatyo Mengapresiasi Dibentuknya Tim Rescue Tanggap Darurat LRCI

Resti mengungkapkan, gempa yang dirasakan itu merupakan gempa terkuat yang pernah terjadi sepanjang tahun 2021 ini. "Dapat dikatakan sepanjang 2021 beberapa kejadian gempa, ini yang terkuat. Semoga saja tidak ada gempa susulan lebih besar lagi atau ada gempa susulan," ujarnya.

Resti berharap, tidak ada gempa susulan. Pada saat ini kejadian gempa lebih sering terjadi di malam hari. "Malam ini yang terkuat karena memang getarannya begitu terasa. Semoga saja tidak terjadi apa-apa," katanya.

Koordinator BPBD Kecamatan Malingping, Mumu menuturkan, berdasarkan info BMKG, pusat gempa di Selatan Kabupaten Sukabumi. “Sampai saat ini belum ada laporan kerusakan hanya saja banyak warga melaporkan gempa terasa kuat di wilayah Panggarangan, Bayah, Cikotok, dan Cihara II. Adapun Malingping getaran gempa gak terasa," ungkapnya.

BACA JUGA:  Jasmine Integrated Farming, Sebuah Kawasan Integrasi Pengolahan Sampah dengan Budidaya Tanaman dan Hewan

Ia berharap, tidak ada gempa susulan lebih besar. "Kita juga ikut khawatir karena memang rentetan gempa terjadi sering dalam waktu berdekatan. Tapi kita berdoa semoga tidak ada gempa susulan," harapnya.(yusuf/tri)


Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait