BNNP Lampung Mengungkapkan Ada Oknum Napi Lapas Bandar Lampung Mengendalikan Peredaran Narkoba 248,057 Kg

Nasional —Senin, 22 Feb 2021 18:03
    Bagikan:  
BNNP Lampung Mengungkapkan Ada Oknum Napi Lapas Bandar Lampung Mengendalikan Peredaran Narkoba 248,057 Kg
Anggota Komisi III DPR RI, Ary Egahni Ben Bahat, meminta klarifikasi kepada Kalapas Kelas I Bandar Lampung, terkait dugaan adanya napi yang kendalikan peredaran narkoba. (dpr.go.id)

POSKOTAJABAR, JAKARTA. 

Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Provinsi Lampung yang mengungkapkan, ada oknum napi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Bandar Lampung yang mengendalikan peredaran narkoba dari dalam penjara. Terakhir, ada pengiriman narkoba, berupa ganja sebanyak 248,057 kg. Kalangan DPR pun tidak tinggal diam dengan adanya rilis dari jajaran BNNP itu.

Anggota Komisi III DPR RI, Ary Egahni Ben Bahat, meminta klarifikasi kepada Kepala Lapas (Kalapas) Kelas I Bandar Lampung. Dari laporan yang ia terima, pada tanggal 10 Februari 2021 BNNP Lampung merilis telah membongkar jaringan pengedar narkoba yang terhubung dengan oknum napi atas nama Heri Susilo, yang merupakan narapidana pada Lapas Rajabasa, Bandar Lampung.

Ary Egahni Ben Bahat mempertanyakan, pola pengawasan di dalam lapas, seperti pola pengendalian napi, pola komunikasi napi, sampai pengelolaan keluar masuk orang ke lapas. Sebab, sangat mengherankan kalau ada yang bisa mengendalikan peredaran narkoba dari dalam penjara.

BACA JUGA:  Relawan yang Menggunakan Atribut FPI Dibubarkan oleh Polres dan Kodim Jakarta Timur

"Nah, saya ingin penjelasan yang benar-benar terang benderang buat kita sebagai mitra di sini, bagaimana pola pengendaliannya, pola komunikasinya dan pengelolaan keluar masuk orang datang di dalam lapas ini,” ujar Ary mengungkap hasil kunjungan kerja ia bersama rombongan ke Lampung itu.

Kunjungan Kerja Reses dengan Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Lampung, dilakukan pada Rabu (17/02/2021). Kalapas Kelas I Bandar Lampung, Maizar, menjelaskan, bahwa pihaknya belum dapat memastikan kebenaran atas pengungkapan adanya pengendalian pengiriman sebanyak 248,057 kg ganja yang dilakukan oleh oknum napi tersebut.

BACA JUGA:  Pemkot Bandung Tengah Mempersiapkan Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua, Prioritas Lansia

Belum ada keputusan dari pengadilan atas temuan ganja tersebut dan posisi Heri Susilo masih berada di BNNP Lampung. “Saya belum bisa pastikan kebenaran sebanyak 248,057 kg ganja itu Bu. Namun, kami mengakui benar adanya pengendalian pengiriman dari dalam (lapas). Belum ada putusan dari pengadilan atau belum ada hitam di atas putih dan posisi Heri masih berada di BNN sana,” jawab Maizar. (*/win)

Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait