Sebanyak 77 Bencana Alam di Tasikmalaya Masih Didominasi Tanah Longsor

Jawa Barat —Senin, 22 Feb 2021 21:40
    Bagikan:  
Sebanyak 77 Bencana Alam di Tasikmalaya Masih Didominasi Tanah Longsor
Para relawan BPBD bersama warga sedang melakukan gotongroyong membersihkan material longsor di wilayah Cigalontang Kab. Tasikmalaya. (foto:ist)
POSKOTAJABAR, TASIKMALAYA.
Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tasikmalaya mencatat hingga pertengahan Februari 2021 telah terjadi 77 bencana yang mengakibatkan tiga orang meninggal dunia.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Irwan mengatakan, hujan deras yang terjadi di wilayahnya selama ini masih terjadi sering mengakibatkan  bencana longsor  di 34 Kecamatan.

"Selain tanah longsor, terdapat delapan kejadian kebakaran, 13 angin kencang, tiga banjir, enam pergerakan tanah dan bencana lainnya. Dari keseluruhan bencana itu, terdapat tiga orang yang meninggal dunia dan 846 kepala keluarga (KK) atau 1.796 jiwa terdampak," katanya, Senin (22/02/2021).

BACA JUGA : Perjalanan Kereta Api Bandung-Jakarta Ditiadakan, Inilah Sebabnya

 

Warga Harus Tetap Waspada

Ia mengatakan, puluhan bencana itu tak hanya membuat warga terdampak tetapi terdapat puluhan fasilitas umum, yaitu 17 titik jalan, lima titik irigasi, empat titik lahan pertanian, empat titik lahan perikanan, jaringan listrik rusak, satu titik perkantoran dan 6 tempat ibadah. Sementara, rumah warga yang terdampak bencana sudah mencapai ratusan. Namun, bencana tersebut selama ini merusak 33 unit rumah kondisinya berat, 46 rumah rusak sedang, 4 unit rusak ringan, 59 unit terancam dan 367 terendam banjir.

"Kerugian atas bencana yang terjadi selama ini telah mencapai Rp 3,683. 500.000 dan petugas juga tetap mengimbau warga selalu waspada akan kejadian bencana itu. Karena, kondisi cuaca sedang tidak menentu apalagi Tasikmalaya sendiri merupakan wilayah yang paling rawan bencana nomor dua di Indonesia," ujarnya.

Menurutnya, berdasarkan prediksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tasikmalaya sekarang ini masih terus diguyur hujan dengan intensitas tinggi dan diperkirakan hujan tersebut akan berlangsung hingga bulan Maret. (Kris)
BACA JUGA : Sebanyak 77 Bencana Alam di Tasikmalaya Masih Didominasi Tanah Longsor
Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait