BPBD Ungkap Penyebab Banjir Besar di Kabupaten Karawang

Jawa Barat —Selasa, 23 Feb 2021 13:33
    Bagikan:  
BPBD Ungkap Penyebab Banjir Besar di Kabupaten Karawang
Wilayah banjir baru di Karawang, Jalan Kertabumi uang murupakan salah satu pusat perekonomian di Kabupaten Karawang.(foto:asl)

POSKOTAJABAR, KARAWANG.
Banjir di Kabupaten Karawang beberapa hari lalu tercatat yang paling parah jika dibandingkan dengan tahun-tahin sebelumnya. Lantas, seperti apa analisa penyebab banjir yang menyengsarakan sekitar 50 ribu lebih warga Karawang itu.

Pelaksana Kepala Badan Penanggulangan Bencana Derah (BPBD) Kabupaten Karawang, Yasin Nasrudin menyebutkan, hasil rapat koordinasi bencana di Karawang memprediksi,  penyebab banjir besar itu karena curah hujan yang tinggi di Karawang dan daerah hulu. Kemudian, sungai besar Cikarang Gelam, Citarum dan Cibeet menjadi limpasan air dari wilayah hulu Kabupaten Karawang.

"Cikarang Gelam buangan air dari Subang dan Purwakarta, Citarum membawa air dari wilayah Bandung dan kiriman air dari Cianjur dan Bogor yang mengalir melalui Cibeet. Ditambah, curah hujan yang tinggi di Karawang sendiri," terang Yasin, Selasa (23/02/2021).

BACA JUGA : Ribuan Pegawai Non ASN di Pemkab Pangandaran Dievaluasi

 

 Kerusakan Jaringan Sungai

Selain itu, kata Yasin, terjadi kerusakan jaringan sungai juga di beberapa wilayah. Termasuk, jaringan Sungai Cibeet yang diakui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) belum pernah dinormalisasi.


"Sudah ada pernyataan dari BBWS untuk menormalisasi Sungai Cibeet," ujarnya.

Kondisi saat ini, dibeberapa titik banjir Karawang sudah mulai surut yang diikuti dengan berkurangnya para pengungsi banjir.

"Masih ada pengungsi yang bertahan karena air belum surut. Sebagian besar pengungsi sudah kembali ke tempatnya masing-masing," paparnya.(asl)


BACA JUGA : BPBD Ungkap Penyebab Banjir Besar di Kabupaten Karawang

Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait