Kabupaten Cianjur Mencari Sosok Sekda, Siapa Pejabat yang Akan Terpilih?

Jawa Barat —Rabu, 24 Feb 2021 17:58
    Bagikan:  
Kabupaten Cianjur Mencari Sosok Sekda, Siapa Pejabat yang Akan Terpilih?
Siapa bakal menjadi Sekretaris Daerah Kabupaten Cianjur? (restorasidaily)
POSKOTAJABAR, CIANJUR.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur tengah mencari sosok yang tepat menjadi Sekretaris Daerah (Sekda). Pasalnya, masa jabatan Sekda Dodit Ardiana Pancapana hanya merupakan Pejabat Sementara (Pjs) yang ditunjuk langsung oleh Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil. Pejabat Sekda yang lama, Cecep Alamsyah sudah habis masa tugasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun POSKOTAJABAR, ada lima pejabat di lingkungan Pemkab Cianjur digadang-gadang sebagai calon kuat menduduki posisi Sekda. Rata-rata mereka yang menjadi perbincangan di kalangan pemerintahan sudah senior dan berpengalaman menjalankan roda pemerintahan di dinas masing-masing.

Beberapa pejabat tersebut antara lain Cecep Alamsyah, Budi Rahayu Toyib, Arif Purnawan, Tohari Sastra, dan Himam Haris. Mereka merupakan pejabat yang terbilang berpengalaman dan sudah malang melintang menggeluti dunia pemerintahan. Termasuk menjadi pejabat eselon atas di Kabupaten Cianjur.


Mereka rata-rata sudah pernah merasakan duduk di berbagai posisi jabatan. Bahkan, sekarang ini kelimanya berada di posisi tertinggi di lingkungan dinas, menjabat pucuk pimpinan dinas. Kalau dibilang persaingan, kelima pejabat itu bersaing untuk merebut posisi puncak. Pasalnya, jabatan Sekda merupakan karier tertinggi bagi kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Misalnya, Cecep Alamsyah saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Cecep juga pernah jadi Sekda tahun 2017 lalu, pada masa Bupatinya Irvan Rivano Muchtar. Kemudian, Budi Rahayu Toyib sebagai Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD).

Sedangkan Arif Purnawan menjabat sebagai Kepala Inspektorat Daerah. Sementara itu, Himam Haris sebagai Kepala Badan Kependudukan Keluarag Berencana Nasional (BKKBN) dan Tohari Sastra adalah Kepala Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan Kabupaten Cianjur. Jadi, semuanya pernah duduk di posisi kepala dinas.


Kepala BKPPD Cianjur, Budi Rahayu, saat dikonfirmasi terkait nama pejabat yang diusulkan sebagai Sekda Cianjur ke Pemprov  Jabar mengatakan, sampai saat ini belum ada satupun nama yang diajukan karena masih menunggu ijin dan rekomendasi dari Kemendagri dan Komisi ASN. "Setelah keluar rekom tersebut, baru diadakan seleksi, sesuai aturan yang ada,"ujar Budi saat dihubungi, Selasa (23/02/2021).


Terkait calon yang akan mengikuti seleksi, tergantung kepada pejabat yang memenuhi syarat dan mendaftarkan diri. Sebagai informasi posisi Sekda Cianjur hingga saat ini masih dijabat seorang pejabat dari Pemprov Jabar. Dodit Ardiana Pancapana ditunjuk langsung Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, menjadi Pjs Sekda Cianjur mengantikan Penjabat Sekda Cecep Alamsyah yang sudah habis masa tugasnya. Pelantikan Dodit sebagai Pjs Sekda berlangsung di Pendopo Pancaniti Cianjur beberpa waktu yang lalu. (Nuki)

Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait