Kejari Kabupaten Cianjur Musnahkan Barang Bukti Hasil Kejahatan

Kriminal —Rabu, 24 Feb 2021 19:14
    Bagikan:  
Kejari  Kabupaten Cianjur Musnahkan Barang Bukti Hasil Kejahatan
Berbagai macam barang bukti hasil kejahatan yang sudah berkekuatan hukum tetap dimusnahkan jajaran Kejaksaan Negeri (Kejari) Cianjur, Rabu (24/2/2021). (foto:nuki)
POSKOTAJABAR,CIANJUR.
Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Cianjur memusnahkan berbagai Barang Bukti (Barbuk) hasil kejahatan yang sudah berkekuatan hukum tetap, Rabu (24/02/2021). Pemusnahan digelar di halaman kantor Kejari disaksikan jajaran Forum Komunikasi Daerah (Forkominda).

Barang bukti yang dimusnahkan merupakan perkara pidana umum dan pidana khusus lainnya selama periode Januari-Oktober 2020 yaitu 150 perkara pidana umum dan perkara cukai atau pidana khusus.

Terdiri dari 24 perkara narkotika jenis ganja dengan barang bukti sebanyak 6.913,19 gram, 80 perkara narkotika jenis sabu-sabu sebanyak 508 43 gram. 

Selain itu obat-obatan terlarang sebanyak 6 perkara, kepemilikan senjata tajam sebanyak 36 perkara, uang palsu 3 perkara, dan 1 perkara pidana khusus cukai rokok. 

BACA JUGA : Pelantikan Bupati- Wakil Bupati Pangandaran Terpilih Akhirnya Dilaksanakan di Arcamanik Bandung


Berkekuatan Hukum Tetapi 

Kepala Kejaksaan Negeri Cianjur, Komaidi, mengatakan pemusnahan barang bukti hasil kejahatan ini merupakan rangkaian peradilan pidana antaraparat penegak hukum.

"Dimulai dari aparat kepolisian diteruskan ke kejaksaan lalu ke pengadilan. Ujungnya ini (eksekusi),"ujar Komaidi seusai pemusnahan barang bukti di halaman kantor Kejari Cianjur, Rabu (24/2).

Jadi jelasnya, selain eksekusi badan yang terpidananya masuk ke rutan atau lapas, ada eksekusi lain yakni barang bukti yang menyertai perkara itu sendiri. Dengan dilakukannya eksekusi, maka setiap perkara dinyatakan sudah selesai. 

"Perkaranya sudah final atau berkekuatan hukum tetap (inkracht)," jelasnya. 


BACA JUGA : Buron Delapan Bulan, Dua Orang Pelaku Curanmor Diamankan Polisi Sukabumi


Berdampak pada Keamanan Masyarakat

Orang nomor satu di lingkungan Kejari Cianjur itu berharap dengan terus terungkapnya berbagai kasus pidana umum dan khusus itu maka akan berdampak kepada kenyamanan dan keamanan masyarakat. 

"Ini sebagai upaya memutus mata rantai berbagai tindak kriminalitas atau kejahatan di wilayah kita," pungkasnya. 

Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengapresisasi kinerja aparat penegak hukum yang berhasil menangani berbagai perkara pidana. Sehingga, berbagai barang bukti hasil kejahatan pada akhirnya dimusnahkan.

 "Terutama narkotika. Kami ingatkan warga Cianjur, narkotika ini bisa merusak generasi yang akan datang. Jaga keluarganya. Jaga anaknya. Jangan sampai terjerumus ke hal-hal seperti ini," pesan Herman. 

Herman mengajak semua elemen pemerintahan dan masyarakat bersama-sama memerangi berbagai potensi kejahatan, terutama peredaran narkoba. (Nuki)
BACA JUGA : Kejari  Kabupaten Cianjur Musnahkan Barang Bukti Hasil Kejahatan 


Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait