Manfaat Berwudhu bagi Kesehatan dan Kehidupan Sehari-hari , Keajaiban Air Wudhu

Pendidikan —Kamis, 25 Feb 2021 00:56
    Bagikan:  
Manfaat Berwudhu bagi Kesehatan dan Kehidupan Sehari-hari , Keajaiban Air Wudhu
Ilustrasi wallpaper list


POSKOTAJABAR, BANDUNG

Setiap muslim yang hendak melakukan ibadah salat, dianjurkan untuk berwudhu terlebih dahulu. Selain sebagai prasyarat salat dan beberapa ibadah lain, ternyata wudhu juga memiliki berbagai macam manfaat yang baik untuk kehidupan sehari-hari. 

 wudhu hukumnya wajib jika hendak melaksanakan salat, thawaf, i’tikaf, dan membaca atau memegang Alquran. Sehingga, wudhu menempati posisi penting dalam ibadah. Bahkan, sah tidaknya sebuah ibadah tergantung dari cara wudhunya.

Wudhu tidak hanya berfungsi sebagai sarana untuk membersihkan dari hadats kecil. Namun, wudhu juga memiliki banyak keutamaan dan manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Tak heran, jika Nabi Muhammad SAW selalu menganjurkan setiap muslim untuk selalu memperhatikan wudhunya.

Baca juga : Sinopsis Ikatan Cinta Kamis 25 Februari 2021, Andin Tahu Identitas Reyna, Nino ceraikan Elsa

Berikut ini manfaat wudhu untuk kehidupan kita: 

1 Pertama, manfaat bekas air wudhu ternyata dapat mengeluarkan toksik atau racun dari dalam darah yang dikeluarkan oleh ginjal.Prosesnya hanya dari air bekas wudu yang menyentuh kulit, maka kelenjar keringat akan langsung menyedot toksik dalam darah.

Kemudian, membuangnya dari dalam tubuh melalui bulu-bulu halus yang tumbuh di kulit.Darah-darah kotor di bagian tubuh yang dibasuh air wudu itu tertarik keluar dan kemudian disapu bersih oleh air wudhu berikutnya.

2. Manfaat Air Wudhu Sebelum Tidur

Kedua, manfaat air wudhu sebelum tidur bisa merilekskan otot-otot setelah seharian bekerja keras.Bahkan secara psikologi, orang yang melakukan wudu akan nampak lebih rileks dan badan terasa segar kembali.

Baca juga : 8 Arti Mimpi Menikah atau Tentang Pernikahan Menurut Primbon

3. Bagus untuk Jantung

manfaat air wudhu Selanjutnya, manfaat air wudhu sangat berguna bagi jantung.Jantung memiliki tugas yang berat yaitu, memompa darah agar mengalir ke kepala, telapak tangan, serta kaki.

Saat anggota tubuh tersentuh air wudu yang sejuk, maka jantung akan langsung memompa darah dengan kuat menuju tiga jalur tadi.Ini adalah reaksi alami untuk menormalkan kembali suhu tubuh yang dingin karena guyuran air wudhu.

4. Manfaat Air Wudhu Dapat Membersihkan Hidung

Anggota tubuh yang satu ini rentang sekali dimasuki kotoran.Hidung bisa menyaring kotoran karena mempunyai bulu-bulu halus didalamnya.Namun, lebih bagus lagi bila kamu mencuci hidung.

Baca juga : Sinopsis The Penthouse 2 Episode 5 Sub Indo, Seo Jin Gagal Konser dan Tergantikan

5. Bagus untuk Menstimulus Syaraf Pusat

manfaat air wudhu Menurut penelitian yang dilakukan oleh Prof.Leopold Warner Von Ehrenfels, Psikiater sekaligus Ahli Bidan Neurolog, Austria ini mengatakan ada manfaat istimewa yang dihasilkan air wudhu akan membangunkan dan menstimulus syaraf-syaraf pusat pada tubuh.

6. Wajah Lebih Cerah

Manfaat air wudhu selanjutnya adalah bisa mencerahkan kulit wajah, lho!Dengan berwudu noda yang membandel di kulit wajah akan hilang perlahan.Kotoran yang menempel pada kulit wajah pun senantiasa hilang dan menjaga tetap cerah dan bersih.

7. Manfaat Air Wudhu Bisa Mencegah Jerawat

manfaat air wudhu Manfaat air wudhu untuk jerawat bisa menghilangkan kotoran dan minyak berlebih pada wajah.Menurut beberapa sumber, berwudu lebih baik daripada mencuci wajah dengan sabun.

Baca juga : Ramalan Zodiak Karier Besok, Kamis 25 Februari 2021, Scorpio Naik Jabatan, Pisces Kinerja Menurun

8. Cegah Sakit Gigi dan Gusi

Air wudu juga bisa menjaga kebersihan serta kesehatan mulut kamu.Diektahui bahwa manfaat air wudhu bisa membuat mulut selalu bersih dan terbebas dari kuman jahat.Serta menghindari serangan penyakit gigi dan gusi.Caranya, cukup berkumur-kumur saat wudu.

9. Kulit Tetap Lembap dan Pancarkan Innerbeauty

Manfaat air wudu berikutnya yaitu bisa melembapkan kulit wajah.Setiap wajah yang basah karena basuhan air wudu, hal ini bisa menjaga agar tetap lembap dan akan membuat wajah kita tetap segar dan bersinar.

10 Membantu Sembuhkan Insomnia

Selanjutnya, manfaat air wudhu berguna untuk kamu yang sulit tidur alias insomnia.Insomnia memang banyak menyerang para remaja.Padahal menurut kesehatan, tidur terlalu malam, bahkan pagi atau tidak tidur sekalipun mampu merusak organ anda secara otomatis.

Baca juga : 

11 Terapi Menghilangkan Stres

Manfaat air wudu lainnya adalah mengurangi pikiran yang stres ataupun perasaan sedih.Hal ini dibuktikan oleh seorang pakar neurologis, ia mengatakan bahwa saat berwudhu, air yang mengenai syaraf pada jari tangan dan kaki bisa meningkatkan rileksasi sel-sel otak.

12. Terhindar dari Penyakit Kulit

Proses saat berwudhu terdiri dari mencuci sebagian besar anggota tubuh seperti wajah, tangan dan kaki, serta sela-sela kuping.Berbagai penyaki kulit seperti panu, kadas, atau pun kurap, akan dapat dicegah dengan senantiasa menjaga kebersihan kulit.

Rukun Wudu

Dalam fiqih mazhab Syafi’i, ada enam hal yang menjadi rukun wudhu.

Yakni niat, membasuh muka, membasuh kedua tangan hingga siku, mengusap sebagian kepala, membasuh kedua kaki sampai mata kaki, dan tertib.

Hal itu sesuai dengan petunjuk Allah SWT dalam Al Quran, QS Al Maidah ayat 6, sebagai berikut :

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan taganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuhlah) kakimu sampai dengan kedua mata kaki.” (QS. Al-Maidah: 6).

Doa Mengambil Air Wudhu

Bacalah niat ambil ai wudhu dengan tulus dan kesungguhan hati, berikut bacaannya:

“Nawaitul Wudhuu-A Liraf’ll Hadatsil Ashghari Fardhal Lilaahi Ta’aalaa”

Artinya :

“Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardu karena Allah.”

Itulah beberapa keistimewaan berwudhu yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kehidupan sehari hari kita. - RES /berbagai sumber

Editor: Resti
    Bagikan:  


Berita Terkait