7 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Kuliah, Pilih Jurusan dan Universitas yang Sesuai

Pendidikan —Kamis, 25 Feb 2021 12:46
    Bagikan:  
 7 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Kuliah, Pilih Jurusan dan Universitas yang Sesuai
ILUSTRASI- kampus kwak kian Gie

POSKOTAJABAR,BANDUNG

Beberapa diantara kalian pasti lagi ada yang kelas XII kan? Ngga cuman pusing mikirin lulus kalian juga pasti galau kan mikirin jurusan apa yang bakal kalian pilih saat kuliah nanti.

Meski banyak perguruan tinggi yang ada saat ini, untuk memilih jurusan kuliah ternyata tidak semudah itu. Apalagi jurusan kuliah akan menentukan nasib kalian bertahun-tahun.

Kalau sampai kamu salah pilih jurusan, kamu bisa ngga nyaman di universitas dan jadi ngga semangat kuliah. Penting sekali buat kamu untuk mengetahui jurusan apa yag kamu minati dan sesuai dengan passion kamu.

BACA JUGA: Status WhatsApp Nissa Sabyan Viral Dihujat Netizen, yang Cewek Bilang Ujian, yang Cowok Bilang Khilaf

Ngga cuman untuk mendapatkan gelar sarjana/diploma, tetapi jurusan kuliah juga mempengaruhi keseriusan kamu untuk menjalani kuliah. Kamu ngga mau kan ngerasain rasanya kuliah  salah jurusan?

Maka dari itu, sebelum kamu milih jurusan kuliah, kamu harus lakukan beberapa hal dibawah ini ya.

Mengetahui minat dan hobi

Minat dan hobi bukan sekadar tahu apa yang kamu inginkan. Tapi hal ini bisa menjadi kunci keseriusan dan konsistensi kamu untuk kuliah. Karena dengan kuliah sesuai dengan minat dan hobi,

 kamu akan merasa bahwa hobi kamu tersalurkan dengan benar. Contohnya, kalau kamu suka berbicara di hadapan banyak orang, kamu bisa kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi. Atau kalau kamu adaah seorang atlet, kamu bisa memilih untuk kuliah di jurusan keolahragaan.

Baca juga : Sinopsis Ikatan Cinta Kamis 25 Februari 2021, Andin Tahu Identitas Reyna, Nino ceraikan Elsa

Kenali potensi diri

Ngga cuman bergantung dengan minat dan hobi. Kamu juga wajib untuk melihat potensi yang ada di dalam diri kamu. Terkadang, potensi diri tidak selalu sejalan dengan minat dan passion kamu.

Makanya, kamu wajib banget mengetahui potensi apa yang ada dalam diri kamu biar kamu ngga salah jurusan. Kamu bisa minta bantuan ke Guru BK ya!

Jangan ikut-ikutan teman

Kalau kamu massih bimbang untuk memilih jurusan kuliah, jangan sesekali ya kamu pilih jurusan yang lagi trend atau ikut-ikutan teman. Karena untuk memilih jurusan yang cocok dengan kamu,

Baca juga : 8 Arti Mimpi Menikah atau Tentang Pernikahan Menurut Primbon

Pertimbangkan peluang karier

Tentu kamu ingin kuliah di jurusan yang menjanjikan untuk karier kamu di masa depan kan. Kamu haruss cermat mempertimbngkan peluang karir dari jurusan yang kamu pilih.

Cari tahu akreditasi dari jurusan dan universitas

Ini juga merupakan salah sau hal penting yang harus kamu perhatikan ya sebelum memilih jurusan kuliah. Terutama kalau kamu memilih perguruan tinggi swasta. Kamu wajib banget cari tahu tentang akreditasi yang dimiliki oleh universitas dan juga akreditasi dari jurusan yang kamu pilih.

Karena, semakin tinggi akreditasi yang dimiliki, semakin tinggi juga kepercayaan dari masyarakat terhadap jurusan yang kamu pilih. Akreditasi juga berpengaruh saat kamu melamar pekerjaan nantinya. Jadi, jangan lupa cari tahu akreditasi universitas dan jurusan yang kamu pilih.

BACA JUGA: Status WhatsApp Nissa Sabyan Viral Dihujat Netizen, yang Cewek Bilang Ujian, yang Cowok Bilang Khilaf

Perhatikan biaya kuliah

Sobat, sebelum kamu memilih jurusan kuliah kamu juga harus tau ya biaya kuliah yang akan dikeluarkan. Bukan hanya saat masuk aja, kamu juga harus perhatikan biaya sampai wisuda. Kamu juga harus berkonsultasi sama orang tua kamu ya, tentang biaya kuliah ini.

Apakah orang tua kamu sanggup atau tidak. Kalau memang orang tua kamu merasa berat dengan biaya yang dikeluarkan, lebih baik kamu jangan memaksakan diri. Tapi, kalau kamu tetap ingin kuliah di tempat yang kamu mau, kamu harus rajin apply beasiswa ya. siapa tau kamu dapat!

Meminta pendapat orang lain

Ini yang terakhir dan gak kalah pentingnya, kamu jangan sungkan ya untuk meminta saran dan pendapat dari orang lain. Baik itu dari orang tua, guru atau saudara kamu yang sudah berkuliah lebih dulu. Atau mungkin kamu bisa mengikuti beberapa psikotest supaya kamu juga lebih tau lagi potensi diri kamu.

Memilih jurusan kuliah memanglah tidak mudah. Kita harus mengetahui semua potensi yang ada di dalam diri kita. Sobat, kamu pasti bisa !

Editor: Resti
    Bagikan:  


Berita Terkait