Harga Cabe di Pasar Tradisional Kota Sukabumi Mengalami Kenaikan

Jawa Barat —Kamis, 25 Feb 2021 14:05
    Bagikan:  
Harga Cabe di Pasar Tradisional  Kota Sukabumi  Mengalami Kenaikan
Seorang pedagang di Pasar Kota Sukabumi, tengah menjajakan dagangannya. (foto:hendra)

POSKOTAJABAR, SUKABUMI.
Harga komoditi jenis cabe di sejumlah pasar tradisonal Kota Sukabumi mengalami kenaikan sejak sepekan terakhir. Seperti halnya cabe rawit hijau mengalami kenaikan dari sebelumnya  sebelumnya Rp 60 ribu mejadi Rp 64 ribu per kg dan kembali naik di hari ini menjadi Rp 65 ribu per kilogram.

Cabe merah besar lokal dari Rp 40 ribu menjadi Rp 45 ribu per kg. Bahkan, untuk jenis cabe rawit merarhsaat ini harganya sudah berada di angka   Rp 110 ribu dari sebelumnya hanya Rp 100 ribu per kg.

"Beberapa pekan ini, harga cabe terus naik, terutama cabe rawit merah yang saat ini dijual disekitar Rp 110 ribu per kg,"ujar Kepala Seksi Pengawasan Barang dan Strategis pada Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan, dan Perindustrian Kota Sukabumi M. Rifki, Kamis (25/2/2021) pagi.

BACA JUGA : Oknum Anggota Polsek Kalideres Tembak Tiga Orang Hingga Meninggal 

 

Kenaikan Terjadi di Semua Pasar

Rifki menjelaskan, berdasarkan pantauan dan monitoring Bahan Pokok Penting (Bapokting) di Pasar Tradisional dan Modern Kota Sukabumi, kenaikan komiditi cabe tersebut hampir terjadi merata di semua pasar.

"Seperti di Pasar Tipar Gede dan Sekitar pembangunan Pasar pelita, kenaikanya sama,"katanya.

Menurut Rifki, kenaikan harga cabai tersebut dipengaruhi oleh faktor cuaca. dikarenakan faktor cuaca yang berdampak kepada tanaman jenis holtikulturan tersebut.

"Salah satunya disebabkan oleh cuaca naiknya harga cabai tersebut, sehingga pasokan kekita juga berkurang,"ungkap dia.

 BACA JUGA : Pemkot Cimahi Usulkan 4.400 Guru untuk Vaksinasi Covid-19


Masih Terpantau Normal

Rifki melanjutkan, untuk bapokting lainya hingga saat ini masih terpantau normal. Seperti, beras, minyak goreng, gula, garam, dan terigu. Sedangkan yang terpantau alami penurunan harga yakni, daging ayam broiler dari Rp35 ribu menjadi Rp34 ribu per kg, telur ayam negeri dari Rp26 ribu menjadi Rp25 ribu per kg, dan cabai keriting hijau dari Rp26 ribu menjadi Rp24 ribu per kg.

"Pekan ini yang terpantau turun itu daging ayam broiler, telur ayam negeri, dan cabe keriting hijau. Untuk bapokting lainya tergolong stabil,"terangnya.

Kendati demikian, lanjut Rifki, semua stok bapokting dan barang strategis lainya cukup tersedia, serta fluktuasi harga masih dalam batas kewajaran. Begitu juga dengan penyaluran dan pendistribusian barang-barang tersebut dalam kondisi aman dan lancar.

”Kita terus lakukan pemantauan ataupun pengawasan kelapangan,meskipun saat ini dalam kindiai aman dan stok cukup tersedia,”pungkasnya.(Hendra)


BACAJUGA : Harga Cabe di Pasar Trdisional Kota Sukabumi  Mengalami Kenaikan

Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait