Polisi Virtual Mulai Beroprasi, Medsos Terpantau

Pendidikan —Kamis, 25 Feb 2021 15:01
    Bagikan:  
Polisi Virtual Mulai Beroprasi, Medsos Terpantau
image/pinterest

POSKOTAJABAR,BANDUNG Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan sebuah konsep baru di kepolisian, yakni Virtual Police, dengan adanya Virtual Police atau polisi virtual, diharapkan akan memberikan sejumlah perubahan. Virtual Police atau Polisi Virtual resmi diluncurkan oleh Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri untuk mencegah tindak pidana terkait Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) di dunia siber Indonesia.

Adapun konsep Virtual Police ini berbeda dengan Cyber Police yang dituntut untuk menegakan hukum atau melawan kejahatan dunia maya. Karenanya Virtual Police ini lebih berfokus pada edukasi dan kampanye untuk meningkatkan kesadaran pengguna dunia maya.

Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Brigadir Jenderal Slamet Uliandi mengatakan tim tersebut telah resmi beroperasi sejak kemarin.

BACA JUGA : OJK Menyatakan Aplikasi Snack Video Ilegal

"Per 24 Februari 2021 sudah dikirimkan melalui Direct message sebanyak 12 peringatan virtual polisi kepada akun medsos. Artinya kita sudah mulai jalan," kata Slamet dalam keterangan tertulis, Kamis (25/02/21).

Pada intinya kerja dari virtual police atau pihak-pihak yang terlibat di dalamnya adalah memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana bermedia sosial yang baik, berbudaya dan jauh dari tindakan atau kejahatan pidana melalui edukasi.

BACA JUGA : Polisi Virtual Mulai Beroprasi, Medsos Terpantau

Editor: Reza
    Bagikan:  


Berita Terkait