Diperiksa Tipikor Polres Ciamis. Inilah Penjelasan Kades Sindangwangi

Kriminal —Kamis, 25 Feb 2021 21:04
    Bagikan:  
Diperiksa Tipikor Polres Ciamis. Inilah Penjelasan Kades Sindangwangi
Gambar ilustrasi dugaan korupsi (foto: fajar)
POSKOTAJABAR,PANGANDARAN.
Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Satreskim Polres Ciamis belum lama ini menyelidiki kasus dugaan penyalahgunaan anggaran di Desa Sindangwangi, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Pemeriksaan yang dilakukan Tipikor Polres Ciamis itu berdasarkan laporan pengaduan dari masyarakat pada tanggal 18 Januari 2021 lalu.

Kepala Desa Sindangwangi Kursin Kusnaedi membenarkan, perihal pemeriksaan yang dilakukan unit Tipikor Satreskrim Polres Ciamis.

"Iya betul, saat ini sedang ditangani oleh Polres Ciamis," ujar Kursin saat dihubungi POSKOTAJABAR melalui sambungan telefon selulernya, Kamis (25/02/2021).


BACA JUGA : Pemukiman Padat Penduduk dI Belakang RRI Kota Bandung Terbakar

 

Laporan Pertanggungjawaban Dana Desa

Kata dia, adapun yang dipertanyakan oleh Tipikor diantaranya Laporan Pertanggungjawaban Dana Desa Tahap-l. ll dan Ill, Banprov dan Bankeu Kabupaten TA.2019-2020.

"Pokoknya banyak lah, termasuk Data Pendaftar Program PTSL tahun 2020, dan sekarang lagi di perbaiki," katanya.

Kursin mengaku, sampai saat ini petugas Tipikor baru memeriksa sebanyak satu orang.

"Dulu saya sendiri menghadap saat memberikan dokumen yang diminta oleh pihak kepolisian, kalau yang diperiksa baru satu orang yaitu Bendahara Desa, dan pemeriksaan bendahara juga belum selesai," tutur Kursin.


BACA JUGA : Oknum Anggota Polsek Kalideres Tembak Tiga Orang Hingga Meninggal 


Pemeriksaan Dana Desa Pangandaran 

 Sebelumnya, unit Tipikor Satreskrim Polres Ciamis pun juga tengah melakukan pemeriksaan dugaan penyalahgunaan anggaran di Desa Pangandaran Kecamatan Pangandaran dan melakukan penyelidikan adanya dugaan tindak pidana korupsi dalam Program Pemberdayaan Fakir Miskin, Komunitas Adat Terpencil (KAT) dan Penyandang Cacat pada Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pangandaran dengan jumlah anggaran sebelum refocusing sebesar Rp. 1.000.000.000 tahun anggaran (TA) 2020.


Hingga berita ini ditayangkan belum ada pernyataan resmi dari penyidik Tipikor Satreskrim Polres Ciamis.
(dry)


BACA JUGA : Diperiksa Tipikor Polres Ciamis. Inilah Penjelasan Kades Sindangwangi 
Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait