Pilkades Serentak di Kabupaten Pangandaran Dilaksanakan Tahun 2022 Mendatang

Jawa Barat —Jumat, 26 Feb 2021 02:13
    Bagikan:  
Pilkades Serentak di Kabupaten Pangandaran Dilaksanakan Tahun 2022 Mendatang
Sekretaris Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) Kabupaten Pangandaran Tjomi Suryadi saat diwawancarai awak media (foto: doc.dry)


POSKOTAJABAR,PANGANDARAN.

Lantaran tidak teranggarkan, maka pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat akan dilaksanakan pada tahun 2022 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) Kabupaten Pangandaran, Tjomi Suryadi.

Tjomi menyebutkan,  tahun 2021  beberapa jabatan kepala desa sudah ada yang habis dan seharusnya dilaksanakan Pilkades. 

"Beberapa desa saat ini diisi oleh Penjabat Sementara (Pjs) dulu, sampai nanti terpilihnya kepala desa baru,” ujarnya kepada POSKOTAJABAR, Kamis (25/02/2021).

Kata dia, besar anggaran untuk Pilkades di tiap desa berbeda-beda, disesuaikan dengan indikatornya seperti jumlah hak pilih, jumlah sebaran dan lain-lain. 

”Anggara Pilkades itu dari APBD Pangandaran,” ucapnya.

 BACA JUGA : Diperiksa Tipikor Polres Ciamis. Inilah Penjelasan Kades Sindangwangi

 

Dicover Anggaran APBDes

 Menurut dia, kegiatan yang tidak didanai oleh APBD Pangandaran di-cover oleh anggaran dari APBdes. 

 ”Seperti makan-minum (mamin,red), itu bisa dianggarkan di APBdes, kalau yang dianggarkan di APBD seperti honorarium, pencetakan kertas suara,” katanya.

 Pilkades di Kabupaten Pangandaran, sambung Tjomi. terakhir dilaksanakan pada tahun 2019 lalu yang diikuti 68 desa secara serentak. "Saat itu diikuti oleh 244 calon kepala desa,” tuturnya.

 Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pangandaran Wawan Kustaman menambahkan, bahwa mekanisme pelaksanaan Pilkades serentak sama dengan Pemilu pada umumnya. (dry)

 

BACA jUGA : Pilkades Serentak di Kabupaten Pangandaran Dilaksanakan Tahun 2022 Mendatang   

 

Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait