Tolak Bitcoin, Bank Indonesia Akan Buat Mata Uang Rupiah Digital

Pendidikan —Jumat, 26 Feb 2021 09:44
    Bagikan:  
Tolak Bitcoin, Bank Indonesia Akan Buat Mata Uang Rupiah Digital
image/pinterest

POSKOTAJABAR,BANDUNG Bank Indonesia (BI) berencana menerbitkan mata uang digital, BI tengah berkoordinasi dengan bank sentral lainnya untuk merumuskan dan kemudian menerbitkan mata uang digital bank sentral atau central bank digital currency.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menegaskan, alat pembayaran yang sah sesuai dengan Undang-Undang 1945 saat ini hanya rupiah. Dengan demikian, seluruh metode pembayaran di Indonesia tetap harus menggunakan rupiah.

“Seluruh alat pembayaran menggunakan koin, kertas dan digital menggunakan Rupiah dan wewenang ada di BI. Digital currency wewenang di BI, kami jelaskan Bitcoin bukan alat pembayaran sah," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Perry menegaskan bahwa Bitcoin tidak boleh menjadi alat pembayaran yang sah di Indonesia.

BACA JUGA : Polisi Virtual Mulai Beroprasi, Medsos Terpantau

Saat ini, mata uang kripto seperti Bitcoin, Doge, dan Ethereum diburu oleh banyak orang. Bahkan VGA buatan NVIDIA yaitu GeForce RTX 3000 series sampai langka karena diborong penambang kripto.

BI juga akan membuat bank sentral baru yang khusus untuk mengurus uang digital. Hal itu disampaikan oleh Gubernur BI Perry Warjiyo saat berbincang dengan Founder and Chairman CT Corp Chairul Tanjung (CT) dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook 2021,Kamis (25/02/21) .

"Kami rumuskan Central Bank Digital Currency yang BI akan terbitkan dan edarkan dengan bank-bank dan fintech secara whole shale dan ritel," kata Perry dikutup dari CNBC Indonesia.

Menurut Perry, BI akan berkoordinasi dengan bank sentral lainnya untuk mengeluarkan mata uang digital ini.

Adanya Rupiah digital diharapkan menjadi inovasi yang bagus untuk perekonomian Indonesia, khususnya mengembalikan ekonomi yang sangat turun karena imbas pandemi.

BACA JUGA : Tolak Bitcoin, Bank Indonesia Akan Buat Mata Uang Rupiah Digital


Editor: Reza
    Bagikan:  


Berita Terkait