Parker Solar Probe NASA Mengejutkan Para Ilmuwan Dengan Menawarkan Pemandangan Venus Yang Menakjubkan

Pendidikan —Jumat, 26 Feb 2021 11:02
    Bagikan:  
Parker Solar Probe NASA Mengejutkan Para Ilmuwan Dengan Menawarkan Pemandangan Venus Yang Menakjubkan
Credits: NASA/Johns Hopkins APL/Naval Research Laboratory/Guillermo Stenborg and Brendan Gallagher

POSKOTAJABAR,BANDUNG Parker Solar Probe NASA, pesawat ruang angkasa kecil yang dirancang untuk "menyentuh matahari", menangkap gambar-gambar baru yang liar dari planet Venus yang menakjubkan dalam penerbangan yang mengejutkan para ilmuwan baru-baru ini dan menawarkan peluang baru bagi sains.

Saat terbang melewati Venus, wahana itu menangkap foto-foto lingkaran cahaya terang di sekitar planet itu, kata NASA, Rabu. Para peneliti mengatakan tepi ini adalah cahaya malam, atau, "cahaya yang dipancarkan oleh atom oksigen di atmosfer tinggi yang bergabung kembali menjadi molekul di sisi malam."

Aspek gambar itu mengejutkan tim, kata Angelos Vourlidas, ilmuwan proyek WISPR dari Johns Hopkins Applied Physics Laboratory (APL) di Laurel, Maryland, yang mengoordinasikan kampanye pencitraan WISPR dengan misi Akatsuki yang mengorbit Venus di Jepang. “WISPR disesuaikan dan diuji untuk pengamatan cahaya tampak. Kami berharap bisa melihat awan, tapi kamera mengintip langsung ke permukaan. ”

BACA JUGA : Tolak Bitcoin, Bank Indonesia Akan Buat Mata Uang Rupiah Digital

Gambar hitam dan putih yang menunjukkan satu belahan planet Venus dengan latar belakang bintang-bintang, dengan garis-garis terang di sekelilingnya.
Parker Solar Probe NASA melihat Venus dari dekat saat terbang melewati planet pada Juli 2020. Beberapa fitur yang dilihat oleh para ilmuwan diberi label dalam gambar beranotasi ini. Bintik gelap yang muncul di bagian bawah Venus adalah artefak dari instrumen WISPR.
Penghargaan: NASA / Johns Hopkins APL / Naval Research Laboratory / Guillermo Stenborg dan Brendan Gallagher
“WISPR secara efektif menangkap emisi termal dari permukaan Venus,” kata Brian Wood, astrofisikawan dan anggota tim WISPR dari Laboratorium Riset Angkatan Laut AS di Washington, DC. “Ini sangat mirip dengan gambar yang diperoleh pesawat ruang angkasa Akatsuki pada panjang gelombang inframerah dekat. ”

Pengamatan mengejutkan ini mengirim tim WISPR kembali ke lab untuk mengukur sensitivitas instrumen terhadap cahaya inframerah. Jika WISPR benar-benar dapat menangkap panjang gelombang cahaya inframerah-dekat, kemampuan tak terduga tersebut akan memberikan peluang baru untuk mempelajari debu di sekitar Matahari dan di tata surya bagian dalam. Jika ia tidak dapat mengambil panjang gelombang infra merah ekstra, maka gambar-gambar ini - yang menunjukkan ciri-ciri ciri di permukaan Venus - mungkin telah mengungkapkan "jendela" yang sebelumnya tidak diketahui melalui atmosfer Venus.

BACA JUGA : Parker Solar Probe NASA Mengejutkan Para Ilmuwan Dengan Menawarkan Pemandangan Venus Yang Menakjubkan

Editor: Reza
Tags:   NASA Venus Bulan Sains
    Bagikan:  


Berita Terkait