Para Pejabat Teras Antusias Saksikan Upacara Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu, Meski Secara Virtual

Jawa Barat —Jumat, 26 Feb 2021 15:39
    Bagikan:  
Para Pejabat Teras Antusias Saksikan Upacara Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu, Meski Secara Virtual
Bupati Indramayu, Nina Agustina Da'i Bachtiar, S.H., M.H., C.R.A dan Wakil Bupati Indramayu Lucky Hakim , yang baru dilantik oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (Yan)

 POSKOTAJABAR, INDRAMAYU. 

Bupatinya dilantik, para pejabat teras Kabupaten Indramayu tampak antusias menyaksikan meski secara virtual. Tampak para pejabat Eselon II B seperti kepala dinas, kepala badan, para Asisten Sekda  termasuk Ketua DPRD Indramayu H. Syaefudin, menyaksikan berlangsungnya upacara pelantikan melalui layar monitor atau secara virtual. Petugas di Pendopo Indramayu pun menerapkan protokol kesehatan.

Sebelum memasuki area Pendopo Indramayu, para  ASN, tamu juga wartawan dicek terlebih dahulu suhu tubuhnya. Untuk  pejabat Eselon II B yang akan menyaksikan upacara pelantikan secara virtual di ruang dalam Pendopo Indramayu, wajib mengikuti Swab Test. Semuanya supaya betul-betul aman dari paparan virus Covid-19.

Seperti diketahui, Gubernur Jawa Barat (jabar, H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D  melantik Bupati dan Wakil Bupati Indramayu, Hj. Nina Agustina Da’i Bachtiar, S.H., M.H., C.R.A dan Lucky Hakim, Jumat (26/02/2021). Pada saat bersamaan, dilantik pula empat kepala daerah lainnya yang hasil Pilkada 2020. Mereka adalah Bupati dan Wakil Bupati Karawang, Sukabumi, Pangandaran, dan Walikota Wakil Walikota Depok.   

Hj. Nina Agustina Da’i Bachtiar dan Lucky Hakim dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Indramayu setelah keduanya memenangkan Pilkada Indramayu dengan meraih suara tertinggi 36,76% mengungguli pasangan Daniel Mutaqien – Taufik Hidayat (28,48%), Muhamad Sholihin - Ratnawati(26,15%), dan Toto Sucartono - Deis Handika (8,61%).   

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu kali ini, tampak berbeda dengan sebelumnya. Biasanya pelantikan dilaksanakan di Pendopo Indramayu dan dihadiri para pejabat sipil dan TNI. Namun, karena situasi dan kondisi saat ini yang lagi pandemi Covid-19, pelantikan hanya dihadiri beberapa orang saja. 

BACA JUGA:  Gubernur Jabar Ridwan Kamil Melantik Lima Pasangan Kepala Daerah, Walikota Depok Tidak Didampingi Pasangannya

Praktis suasana di sekitar Pendopo Indramayu tidak begitu banyak kerumunan orang. Hanya ada  beberapa wartawan, personel Polres Indramayu, Kodim 0616 Indramayu, Satpol Pamong Praja, Dinas Kominfo Indramayu, dan petugas kesehatan yang melaksanakan Tes Swab terhadap para pejabat yang akan mengikuti upacara pelantikan secara virtual di ruang dalam Pendopo Indramayu.   

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, H. Dedy Suprayogi, S.Sos., M.Si saat dijumpai di Pendopo Indramayu,  mengemukakan, pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu semula direncanakan dilangsungkan di Pendopo Indramayu. Beberapa waktu kemudian, terjadi perubahan tempat yakni di Gedung Merdeka Jl. Asia Afrika Bandung. Para pejabat di  Indramayu tidak menerima undangan pelantikan di Bandung. Meski begitu bisa menyaksikan berlangsungnya upacara pelantikan secara virtual di ruang dalam Pendopo Indramayu.   


Suasana di Pendopo Indramayu pada hari Jumat (26/02/2021) tampak tidak begitu ramai kerumunan orang, walaupun hari ini ada upacara pelantikan Bupati Indramayu dan Wakil Bupati Indramayu. (Yan)


Di Pendopo Kabupaten Indramayu, tampak sudah dipasang berbagai perlengkapan upacara seperti karpet merah, kursi yang penempatannya sesuai protokol kesehatan dan sebagainya. Juga,  terdengar irama gamelan yang dibunyikan para nayaga,  membuat suasana semakin bertambah khidmat. Para pejabat yang tiba di Pendopo Indramayu disambut Bagian Protokol dan langsung dipandu  memasuki ruang dalam  pendopo yang sudah terpasang layar lebar. Suasana di ruang dalam pendopo tampak khidmat dan hening.Tak terdengar obrolan, apalagi candaan.   

BACA JUGA:  Vaksin Tenaga Kesehatan Selesai, Lanjut Lansia dan Petugas Publik

Tiba giliran upacara pelantikan Bupati dan Wakil Bupati dimulai,  pandangan mata para pejabat langsung tertuju pada layar lebar untuk bersama-sama menyaksikan prosesi pelantikan hingga selesai. Usai menyaksikan upacara pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu, Hj. Nina Agustina Da’i Bachtiar dan Lucky Hakim secara virtual, para pejabat dengan tertib membubarkan diri. Ada  yang  menuju ke ruang kerja di lingkungan Sekretariat Daerah dan ada juga yang  memasukikendaraan dinas masing-masing.

Dalam tayangan video singkat sebelum dilantik, Bupati Indramayu Nina Agustina Da'i Bachtiar dan Wakil Bupati Indramayu Lucky Hakim, sempat meminta doa restu. "Saya Nina Agustina dan Saya Lucky Hakim mohon doanya hari ini kita berdua akan dilantik. Doa restunya selalu dan semangat untuk Indramayu BERMARTABAT terima kasih. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. (Yan)

 Bupati Indramayu Nina Agustina Da'i Bachtiar, S.H., M.H., C.R.A dan  Wakil Bupati Indramayu Lucky Hakim  - Suasana di Pendopo Indramayu pada hari Jumat (26/02/2021) tampak tidak begitu ramai kerumunan orang, walaupun hari ini ada upacara pelantikan Bupati Indramayu dan Wakil Bupati Indramayu.(Yan)

Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait