Keutamaan dan Keistimewaan Membaca Bismillah, Permudah Segala Urusan

Pendidikan —Jumat, 26 Feb 2021 18:50
    Bagikan:  
Keutamaan dan Keistimewaan Membaca Bismillah, Permudah Segala Urusan
bacaan Bismillah - Pinterest

POSKOTAJABAR,BANDUNG

Lafal "bismillahirrahmannirrahiim" atau yang sering disebut dengan kalimat basmalah adalah kalimat tayibah yang agung. Bisa dikatakan kalimat ini adalah induk seluruh surah dalam kitab suci Al-Qur'an. Sebab, semua surah di dalam Al-Qur'an itu selalu dimulai dengan basmalah kecuali Surah At-Taubah.

Kalimat ini sangat dianjurkan untuk dilafalkan sebelum memulai segala aktivitas agar apa yang kita kerjakan selalu mendapat ridha dari Allah Swt.

Sedangkan dengan membiasakan diri selalu mengucap basmalah di berbagai kesempatan dalam keadaan susah ataupun senang, maka dapat menggetarkan dan memperkuat jiwa, meningkatkan kejernihan pikiran, dan dapat menghindarkan kita dari sifat negatif misalnya iri, dengki, riya, ujub, dendam dan lain lain.

baca juga :Sinopsis Ikatan Cinta Jumat 26 Februari 2021, Rendy Rela Dipenjara Demi Al, Andin Tahu Reyna Anak Kandungnya

 Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan ‘bismillahirrahmanir rahiim’, amalan tersebut terputus berkahnya.” (HR. Al-Khatib dalam Al-Jami’, dari jalur Ar-Rahawai dalam Al-Arba’in, As-Subki dalam tabaqathnya)

Begitu pula Nabi Sulaiman ‘alaihis salam menulis surat pada penguasa Saba’ dengan bismillah sebagaimana disebutkan dalam Alquran.

“Sesungguhnya surat itu, dari SuIaiman dan sesungguhnya (isi)nya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.” (QS. An-Naml: 30)

BACA JUGA:Ingin Do'a Segera Dikabulkan?, Berdoalah di 8 Waktu Mustajab Ini! Waktu Paling Baik untuk Berdo'a

Secara umum keutamaan  membaca basmalah dapat dirangkum sebagai berikut:

  1. Kebutuhan kita akan dicukupi oleh Allah Swt dan datangnya dari sesuatu yang tidak kita sangka-sangka.
  2. Kita akan diberi keselamatan dan perlindungan dari Allah Swt dan kalimat tersebut dapat mencegah kita dari musibah atau bencana alam.
  3. Menjernihkan pikiran sehingga mampu berpikir ke arah kebaikan atau selalu berfikir positif, Secara umum fadilah membaca basmalah dapat dirangkum sebagai berikut:
  4. Melunturkan sifat sombong, angkuh, tamak, dengki, dan lain sebagainya.
  5. Mencegah seseorang dari jebakan bisik rayu godaan setan.
  6. Dapat meningkatkan kepercayaan diri.
  7. Terhindar dari perbuatan syirik yang mengandung unsur ilmu hitam dan kemunafikan
  8. Membuat doa yang kita panjatkan dengan tulus ikhlas akan mudah dikabulkan oleh Allah Swt.

Itulah secuil manfaat dari basmalah yang kita ucapkan, karena seperti yang Sahabat Ali bin Abi Thalib katakan bahwa untuk mengangkut keutamaannya perlu 80 ekor unta. Wallahu a'lam.-RES/berbagaisumber

Editor: Resti
    Bagikan: