Ratusan Rumah di Dusun Cianteg Rusak Akibat Pergerakan Tanah Setelah Diguyur Hujan Deras

Jawa Barat —Jumat, 26 Feb 2021 19:26
    Bagikan:  
Ratusan Rumah di Dusun Cianteg Rusak Akibat Pergerakan Tanah Setelah Diguyur Hujan Deras
Muspika Kecamatan Cibalong melakukan peninjauan rumah rusak dan fasilitas umum. (Kris)
POSKOTAJABAR, TASIKMALAYA.

Akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Tasik Selatan akhir-akhir ini, mengakibatkan ratusan rumah ruksak akibat pergerakan tanah yang  terjadi di dua RT yakni Dusun Cianteg Desa Setiawaras, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Tasikmalaya.

Pantauan POSKOTAJABAR, di lokasi hingga Jumat (26/2/2021), tercatat rumah yang mengalami rusak berat sebanyak 3 rumah, rusak sedang sebanyak 4 Rumah, dan ruksak ringan sebanyak 116 rumah. Hingga saat ini, pergerakan tanah masih terus terjadi.

Kepala Dusun Cianteg, Yayan Kartawana, saat ditemui di kantornya, mengatakan, pergerakan Tanah terjadi saat terjadi hujan dengan intensitas sedang.  Namun, membuat puluhan rumah milik warga di RT 01 dan RT 03 mengalami kerusakan.


Menurut yayan, dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Namun, sebanyak tiga rumah terpaksa harus dikosongkan karena mengalami kerusakan berat dan di khawatirkan ambruk, karena cuaca di wilayah Kabupaten Tasikmalaya sedang dilanda hujan.

"Syukur alhamdulillah dalam kejadian pergerakan tanah ini warga selamat, dan tidak menimbulkan korban jiwa," ungkap Yayan kepada POSKOTAJABAR, Jumat (26/02/2021).

Kepala seksi keamanan dan ketertiban Satuan Polisi Pamong Praja Kecamatan Cibalong, Yadi Rustandi, saat dihubungi melalui ponselnya, menyampaikan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak pemerintah desa atas kejadian pergerkan tanah tersebut. 


"Atas kejadian tersebut, tim geologi sudah melakukan kajian pergerakan tanah yang terjadi di kampung Cianteg. Mudah-mudahan selama dua minggu ini hasilnya keluar. Kita tinggal menunggu dari pihak geologi dan dapat mengetahui wilayah tersebut," ujarnya. (Kris)
Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait