Tujuh Ruas Jalan di Kota Sukabumi Menjadi Langganan Banjir, Saat Terjadi Hujan Deras

Jawa Barat —Jumat, 26 Feb 2021 20:21
    Bagikan:  
Tujuh Ruas Jalan di Kota Sukabumi Menjadi Langganan Banjir, Saat Terjadi Hujan Deras
Petugas BPBD Kota Sukabumi saat menangani genangan air di salah satu ruas jalan. (Hendra)

POSKOTAJABAR, SUKABUMI. 

Tujuh ruas jalan di Kota Sukabumi tercatat sebagai lokasi yang menjadi langganan banjir dan tergenang, saat terjadi hujan deras. Hal ini diketahui berdasarkan catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat. Ketujuh ruas jalan yang sering tergenang air saat hujan deras ini tersebar  di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Cikole, Warudoyong, dan Lembursitu.

"Ruas jalan yang sering tergenang air saat hujan itu, berada Kecamatan Cikole dua titik, Warungdoyong tiga titik, dan Lembursitu dua titik. Sepertinya sudah menjadi langganan. Kalau terjadi hujan deras, pasti banjir dan tergenang," ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi, Imran Wardhani, saat ditemui di Kantornya, Jum'at (25/2/2021).

Imran mengungkapkan,  terjadinya genangan air di sejumlah ruas jalan itu disebabkan oleh beberapa faktor. Antara lain, saluran air tersumbat sampah, dan drainase yang berukuran kecil, sehingga airnya meluap ke jalan.

BACA JUGA:  Gaji Wakil Bupati Pangandaran akan Disedekahkan Kepada Warga Miskin, Penuhi Janji Kampanye

"Sebetulnya, ruas jalan itu tergenang air  tidak berlsngdung lama. Paling lama terjadi selama 2 jam sampai 3 jam, dengan ketingian air sekitar 5 centimeter," kata Imran. 

Imran menuturkan, sejumlah personil BPBD akan langsung terjun ke lapangan untuk melakukan penanganan, tatkala terdapat laporan adanya genangan. Selain itu, pihaknya pun akan bekordinasi dengan dinas atau instansi terkait.

"Kita langsung berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk menangani sampahnya serta dengan Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Bina Marga utnuk mengatasi drainase yang tersumbat," tuturnya.

BACA JUGA:  Ratusan Rumah di Dusun Cianteg Rusak Akibat Pergerakan Tanah Setelah Diguyur Hujan Deras

Imran menambahkan, berdasarkan pemberitahuan dari BMKG, hingga saat ini wilayah Kota Sukabumi masih berstatus siaga kebencanaan yang akan berlaku hingga Maret. "Kami menghimbau kepada masyarakat untuk tetap siaga dan meningkatkan kewaspadaan,"pungkasnya. (Hendra)

Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait