KPK Lakukan Operasi Tangkap Tangan Terhadap Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Barang Bukti Satu Koper Berisi Uang Rp 1 Miliar

Nasional —Sabtu, 27 Feb 2021 09:52
    Bagikan:  
KPK Lakukan Operasi Tangkap Tangan Terhadap Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Barang Bukti Satu Koper Berisi Uang Rp 1 Miliar
KPK melakukan OTT terhadap Gubernur Sulsel Nur Abdullah bersama lima orang lainnya. (KPK)

POSKOTAJABAR, JAKARTA.

Lagi-lagi pejabat tertangkap tangan dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kali ini, yang terkena OTT adalah Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah dalam OTT di Makasar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (27/02/2021) WITa. Bersama Gubernur Sulsel Nur Abdullah, juga ditangkap lima orang lainnya. Pada saat OTT,  KPK juga mengamankan barang bukti 1 (satu) koper yang berisi uang sebesar Rp. 1 Miliar.

Adanya OTT ini diakui oleh Juru Bicara KPK,  KPK Ali Fikri yang membenarkan kabar penangkapan terhadap Gubernur Sulsel tersebut.  “Benar Jumat (26/02/2021) tengah malam KPK melakukan tangkap tangan terhadap kepala daerah di Sulawesi Selatan terkait dugaan tindak pidana korupsi,” kata Ali, dalam keterangan singkatnya.

Informasi lebih lengkap kasusnya, siapa saja yang ditangkap dan barang bukti apa yang diamankan, Ali mengatakan belum bisa menyampaikan. Ia mengatakan, tim KPK masih bekerja untuk menyelesaaikan kasus ini.  Untuk itu, mereka yang tertangkap OTT segera dibawa ke Jakarta. “Tim masih bekerja, dan perkembangannya nanti akan kami sampaikan pada rekan-rekan semua,” ujarAli Fikri.
Saat ini, Nurdin Abdullah telah dibawa ke Jakarta untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut di kantor KPK.

BACA JUGA:  Stadion GBLA Terus Berbenah Diri Menyambut Turnamen Sepak Bola Pramusim "Piala Menpora 2021"

Dalam penangkapan tersebut, ada 9 orang penyidik KPK yang menjemput Nurdin Abdullah di rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan, setelah sebelumnya memberikan surat pemberitahuan kepada Kapoda Sulsel.

Selain Nurdin, sebelumnya tim KPK juga telah mengamankan beberapa orang antara lain:

1. Agung Sucipto (Kontraktor, 64 Thn);

2. Nuryadi ( Sopir Pak Agung, 36 Thn);

3. Samsul Bahri (Adc Gubernur Prov. Sulsel, Polri,  48 Thn);

4. Edy Rahmat (Sekdis PU Provinsi Sulawesi Selatan);

5. Irfandi (Sopir Edy Rahmat);

Tim KPK juga sudah mengamankan barang bukti 1 (satu) koper yang berisi uang sebesar Rp. 1 Miliar di Rumah Makan Nelayan Jl. Ali Malaka, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makasar.

Selanjutnya, Tim KPK langsung membawa Nurdin Abdullah dan Rombongan langsun ke Klinik Transit  di Jln. Poros Makasar untuk dilakukan pemeriksaan Swab antigendalam rangka persiapan persiapan berangkat ke Jakarta melalui Bandara Sultan Hasanudin.

BACA JUGA:  Gara-gara Covid-19, DPRD Jabar Teken Dua Perda Baru Hasil Perubahan

Sekitar  pukul 05.44 WITa rombongan selesai melaksanakan pemeriksaan Swab antigen dan menuju Bandara Sultan Hasanudin untuk berangkat ke Jakarta. Dengan  menggunakan Pesawat Garuda GA 617 rombongan berangkat ke  ke Jakarta pada pukul 07.00 Wita.(tri)




Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait