Tiap Bulan Gajian Cuma Numpang Lewat?, Lakukan Tips Berikut Ini untuk Mengatasinya

Gaya Hidup —Sabtu, 27 Feb 2021 17:18
    Bagikan:  
Tiap Bulan Gajian Cuma Numpang Lewat?, Lakukan Tips Berikut Ini untuk Mengatasinya
(Foto: Pinterest.com)

POSKOTA JABAR, BANDUNG

Menjelang akhir bulan seperti saat ini, pasti banyak diantara kita yang sudah menerima uang gajian. Bagaimana perasaan Anda setelah gajian? Pastinya senang banget! Bisa dibilang gajian merupakan hal yang paling dinantikan oleh hampir seluruh karyawan.

Bagaimana tidak, kerja keras selama sebulan akhirnya terbayarkan oleh pundi-pundi uang untuk memenuhi seluruh kebutuhan hidup dan gaya hidup. Jika bicara soal gajian, di Indonesia waktu gajian itu bervariasi, tergantung dari kebijakan perusahaan masing-masing. Ada yang menerima gaji bulanan di awal bulan, akhir bulan, atau tengah bulan. 

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa kita sering terlena saat memegang uang gaji tersebut. Dan ketika menerima uang gajian, apakah Anda sering merasa kalau uang gajian cepat habis dan hanya sekedar numpang lewat?

BACA JUGA: Pemeran Elsa Dalam Ikatan Cinta, Glenca Chysara Undur Diri dari Media Sosial, Ada Apa ?

Misalnya, bayar tagihan, bayar kosan, bayar cicilan motor/mobil, berbagi dengan orang tua, belanja kebutuhan sehari-hari, hingga beli barang-barang yang sudah diincar jauh-jauh hari. Akhirnya, tanpa terasa, gaji pun sudah habis di tengah bulan. Padahal Anda belum sempat nabung atau investasi. 

Kondisi gaji numpang lewat ini juga pasati dialamai oleh jutaan orang lainnya. Dan jika keadaan ini terus menerus dialamai, maka sudah barang pasti anda tidak akan memiliki tabungan atau asset. Lalu bagaimana cara menyiasatinya?

Saatnya Anda belajar untuk menata dan mengatur uang gaji lebih baik lagi. Jangan biarkan gaji terus-terusan hanya numpang lewat saja. Dan berikut ini Poskota Jabar akan berbagi tipsnya kepada Anda tentang bagaimana cara mengatur uang gajian agar tak hanya numpang lewat saja.

BACA JUGA: Ini 5 Alasan Kenapa Makan Langsung Pakai Tangan Lebih Bermanfaat

Buat Anggaran Belanja

Lakukan hal sederhana, yaitu mencatat seluruh pengeluaran rutin setiap bulannya. Catat semuanya seperti keperluan di luar kebutuhan pokok seperti membeli baju, makan di luar, jalan-jalan dan lain sebagainya.  Dengan membuat perencanaan anggaran belanja, dengan detail maka kita bisa mengetahui alokasi uang gaji kita dipakai untuk apa saja. Dengan begitu kita bisa bisa membuat skala prioritas untuk pengeluaran.

Jangan Tunda Bayar Tagihan 

Jika Anda memiliki hutang atau cicilan, maka lunasi terlebih dulu itu semua setelah menerima gaji. Jangan pernah ditunda. Karena jika Anda menunda untuk membayarnya itu hanya akan melahirkan  kesusahan di kemudian hari. Selain itu, melunasi hutang itu dapat membantu anggaran Anda menjadi lebih sehat untuk jangka panjang. Dan jika semua hutang dan cicilan sudah terbayar lunas, sebisa mungkin hindari untuk berhutang atau menyicil sesuatu yang tidak terlalu diperlukan.

Buat Laporan Keuangan Harian

Sedikit berbeda dengan anggaran bulanan, laporan keuangan harian dibuat supaya kita tahu pengeluaran apa saja setiap harinya. Kalau sudah belanja coba struk belanjanya jangan dibuang. Kita juga jadi bisa menganalisis barang-barang apa yang harusnya tidak begitu penting untuk dibeli. Agar bisa lebih hemat. 

BACA JUGA: Polisi Harus Memanggil Presiden Joko Widodo untuk Diperiksa atas Pelanggaran Protokol Kesehatan

Miliki Dua Rekening Bank

Agar bisa semakin mudah mengatur uang gaji, sebaiknya milikilah dua rekening bank sekaligus. Nantinya rekening pertama bisa dipakai untuk seluruh transaksi, seperti menerima gaji dari kantor, dan membayar seluruh tagihan. Sedangkan rekening kedua digunakan untuk menabung dan investasi.

Sebisa mungkin, sisihkan uang untuk menabung di awal-awal saat menerima gaji. Lebih tepatnya bersamaan dengan membayar utang atau cicilan.

Untuk rekening kedua, sebisa mungkin, memilih bank yang menerapkan biaya administrasi rendah. Dan agar Anda tidak mudah tergiur untuk berbelanja online, jangan gunakan fitur internet banking atau mobile banking, dengan begitu dana tabungan Anda bisa aman tersimpan.

Gunakan metode 50/20/30

Metode 50/30/20 ini dipopulerkan oleh Elizabeth Warren dalam buku All Your Worth. Metode tersebut memaparkan masing-masing gaji dialokasikan sebesar 50% untuk keperluan, 20% untuk tabungan jangka panjang, dan 30% untuk gaya hidup.

Dengan estimasi alokasi tersebut, Anda bisa membagi secara ideal pengeluaran untuk keperluan sehari-hari sambil menabung. Di samping metode tersebut, yang selalu menjadi kunci keberhasilan pengelolaan gaji, yakni konsistensi. Pastikan metode tersebut tak hanya Anda terapkan pada bulan pertama, melainkan dipertahankan pada bulan-bulan berikutnya. (ES)

BACA JUGA: Tiap Bulan Gajian Cuma Numpang Lewat?, Lakukan Tips Berikut Ini untuk Mengatasinya

Editor: Edi
    Bagikan:  


Berita Terkait