Pemkab Pangandaran Berencana Membangun TPA di Kecamatan Padaherang

Jawa Barat —Sabtu, 27 Feb 2021 18:16
    Bagikan:  
Pemkab Pangandaran Berencana Membangun TPA di Kecamatan Padaherang
Ilustrasi lokasi sebuah TPA. (foto: liputan6.com)
POSKOTAJABAR, PANGANDARAN. 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran berencana membangun Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah di Desa Bojongsari, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat (Jabar). 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Pangandaran, Tonton Guntari mengatakan, pembangunan TPA tersebut langsung oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

"Masih dalam tahapan persiapan. Mudah-mudahan saja anggaran yang direncanakan tidak hanya terfokus untuk penanganan Covid-19," ujar Tonton Guntari, saat dihubungi POSKOTAJABAR, Sabtu (27/02/2021).


Menurut Tontotn, nantinya pihak Provinsi Jabar yang meminta pembuatan Basic Enginering Design (BED), kemudian Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) dan lain-lain. Sehingga, untuk waktu dimulainya pembangunan TPA tersebut belum bisa dipastikan.

Menurut Tonton, estimasi anggaran untuk pembangunan TPA itu dikisaran Rp 24 miliar. Namun, ia mendengar kabar dananya turun menjadi Rp 17 miliar.

Penyodetan pada jalur sungai juga kini sedang dilakukan, serta penyaringan limbah. Dibantu lubang asap saluran udara agar tidak meledak. Intinya, ketika keluar air sudah bersih dan tidak mencemari lingkungan.


"Saya menjamin, keberadaan TPA tersebut tidak akan menyebabkan kerusakan terhadap lingkungan di sekitarnya. Karena itu, kita juga persiapkan dengan baik agar tidak berdampak kepada warga sekitar," tuturnya. (dry)
Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait