Pedagang Pasar Sederhana Divaksin, Belum Ada yang alami Efek Samping Berat

Jawa Barat —Minggu, 28 Feb 2021 05:38
    Bagikan:  
Pedagang Pasar Sederhana  Divaksin, Belum Ada yang alami Efek Samping Berat
Sejumlah pedagang di Pasar Sederhana, Kota Bandung mulai menjalani vaksinasi Covid-19, Sabtu (27/2/2021). (foto:ist)

POSKOTAJABAR, BANDUNG.
Sebanyak  200 pedagang di Pasar Sederhana, Kota Bandung mulai menjalani vaksinasi Covid-19, Sabtu (27/2/2021).  Sejauh ini tidak ada peserta vaksinasi yang mengalami efek samping merugikan alias berat, selepas divaksin.

Sebelum divaksin, ratusan pedagang itu pun menjalani pemeriksaan kesehatan dan sejumlah prosedur dibantu vaksinator dan sejumlah relawan.

Kepala Dinkes Kota Bandung Ahyani Raksanagara mengatakan,data pedagang yang divaksin pada tahap pertama ini, didapat berdasarkan hasil pendataan pengurus pasar.

"Vaksinasi untuk pedagang (tahap pertama) dipilih di Pasar Sederhana karena pedagangnya banyak, lumayan padat, jadi risikonya paling bagus untuk ditangani," katanya.

BACA JUGA :Bupati-Wakil Bupati Ciamis Terkonfirmasi Positif Covid-19, Padahal Sudah Divaksin!


Tidak Ada yang Alami Efek Berat

Ahyani juga menjelaskan  sejauh ini tidak ada peserta vaksinasi yang mengalami efek samping merugikan alias berat selepas divaksin. Sangat sedikit peserta yang melaporkan adanya gangguan kesehatan pascapenyuntikan.

"Kalau dari tahap 1, sedikit sekali (yang mengalami efek samping) dan kejadian pasca-imunisasinya pun ringan," ungkapnya.

Ahyani mengatakan, beberapa keluhan yang pernah dijumpai di antaranya adalah rasa pegal dan pusing. Namun, keluhan tersebut rata-rata dapat mereda setelah 30 menit masa observasi pascapenyuntikan berlalu.

"Yang pegal, sakit agak pusing itu setelah observasi ya sudah selesai dan bisa pada pulang semua. Tidak ada yang harus sampai dirawat," pungkasnya. (Aris)


BACA JUGA : Pedagang Pasar Sederhana  Divaksin, Belum Ada yang alami Efek Samping Berat

Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait