ICW Mencatat Sekitar 400 Kepala Daerah Terjerat Kasus Korupsi, Temasuk Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah

Nasional —Minggu, 28 Feb 2021 09:01
    Bagikan:  
ICW Mencatat Sekitar 400 Kepala Daerah Terjerat Kasus Korupsi, Temasuk Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah
Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, yang ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (sulselprov.go.id)

POSKOTAJABAR, JAKARTA. 

Indonesia Corruption Watch (ICW) mencatat sekitar 400-an kepala daerah telah terjerat kasus korupsi. Tertangkapnya Gubernur Sulawesi Selatan Sulsel), Nurdin Abdullah oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi bagian dari rentetan kepala daerah yang terjerat kasus korupsi.

Menurut data Indonesia Corruption Watch (ICW) sekitar 400-an kepala daerah telah terjerat kasus korupsi. "Tentu yang jadi catatan ke depan ini kan lagi-lagi umum, kepala daerah melakukan korupsi sudah sangat banyak. Menurut catatan ICW sudah 400-an kepala daerah yang terjerat kasus korupsi," kata Wakil Koordinator ICW, Agus Sunaryanto, Sabtu (27/02/2021).

BACA JUGA:  Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Ditetapkan Sebagai Tersangka oleh KPK, Dugaan Suap Proyek Wisata Pantai Bira

Agus Sunaryanto menerangkan, biaya politik yang tinggi menjadi faktor penyebab kepala daerah bisa terjerat korupsi, "Ini kan biasanya yang terjadi kepala daerah korupsi terkait pendanaan politik. Biaya politik yang tinggi, pada akhirnya mereka harus mencari pendanaan sendiri ke orang-orang, termasuk pengusaha-pengusaha," ungkapnya.

Si kepala daerah akan meminta uang ke sejumlah pengusaha, lalu pengusaha pun meminta imbalan berupa proyek atau fee.

"Akhirnya dimintai uang dan biasanya pengusaha yang dimintai uang akan meminta balasan seperti minta proyek dan fee," pungkasnya. (Cr02/mia)

BACA JUGA:  KPK Kembali Akan Memeriksa Empat Orang Saksi, Terkait Kasus Korupsi Walikota Cimahi Non-Aktif Ajay Mochamad Priatna

Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait