Hujan Deras dan Angin Kencang Tumbangkan Pohon, Ada yang Menimpa Rumah Warga

Jawa Barat —Minggu, 28 Feb 2021 17:17
    Bagikan:  
Hujan Deras dan Angin Kencang Tumbangkan Pohon, Ada yang Menimpa Rumah Warga
Sebuah pohon kelapa tumbang mengenai rumah warga akibat hujan deras dan angin kencang di Tasikmalaya. (Kris)
POSKOTAJABAR, TASIKMALAYA.

Hujan deras diserta angin kencang melanda sebagian Wilayah Kabupaten Tasikmalaya, mengakibatkan beberapa pohon tumbang. Ada pohon yang tumbang ke jalan dan sebagian pohon mengenai rumah milik warga. Hujan deras dan angin kencang ini terjadi di tiga kampung Desa Sukapura, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya.

Berdasarkan pantauan POSKOTAJABAR di lapangan, Minggu (28/02/2021), sekitar pukul 11.30 WIB, pohon tumbang mengenai sembilan rumah warga. Beruntung, dalam musibah tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Namun, banyak rumah warga yang rusak akibat tertimpa pohon yang tumbang.

Koordinator Relawan Bencana Kecamatan Sukaraja, Asep Sahidin, mengatakan, hujan deras disertai angin kencang ini, merubuhkan puluhan pohon dan menimpa sembilan rumah warga. "Kejadiannya di tiga Kampung, yakni Kampung Pasirkolot RT 07/09, RW 03, Kampung Sukasari RT 06/02, Kampung Pengkolan RT 29/02  Desa Sukapura," ujarAsep.


Menurut, Asep kejadian pohon tumbang ini menimpa rumah milik Dedi Wahyudi, Yayan, Kasiman, Jeje Jaenudin, Arni Rusdiani, Pian Supandi, Ade Sujani, dan Mimi. Namun, semua keluarga mereka selamat tidak sampai terkena pohon tumbang.

Upaya yang dilakukan dengan tumbangnya puluhan pohon, warga masyarakat bersama TNI, kepolisian, relawan BPBD, dan Satgas BPBD berupaya mengevakuasi pohon tumbang menggunakan gergaji mesin secara bergotong-royong membersihkan puing-puing pohon rubuh.

Camat Sukaraja, H.E. Agus Muslim, mengatakan, pohon tumbang terjadi saat hujan deras disertai angin kencang. Namun petugas kecamatan sudah melakukan evakuasi bersama tim untuk melakukan pemotongan pohon yang tumbang.


"Kita berusaha dan berupaya semaksimal mungkin, untuk menyingkirkan pohon yang tumbang dengan melibatkan warga, TNI, kepolisian serta relawan BPBD Kecamatan untuk melakukan pembersihan di lokasi. Kita terus berkoordinasi dengan pihak pemerintah desa," ujarnya.

Dalam kejadian tersebut,  tidak menimbulkan korban jiwa. Namun banyak perabotan rumah mengalami kerusakan akibat reruntuhan. Kerugian di aksir mencapai Rp. 50 juta. (Kris)
Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait